JellyPages.com

Kamis, 11 Juli 2013

2013

so my last post was in 2012?
haha rupanya aku vakum cukup lama..
yap, 2012 kemarin itu waktu-waktu yang sibuk banget. aku lulus dari SMA 9 Yogyakarta dan berpisah dari FROST.. itu bikin sedih banget.. they're so precious to me :" But life must go on, right?
Setelah kelulusan, di SMA masih ngadain pembelajaran intensif untuk persiapan SNMPTN..
apakah SNMPTN?
SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Yak, kalo gak salah itu. cmiiw.
tahun 2012, SNMPTN masih terbagi menjadi dua, SNMPTN undangan dan SNMPTN ujian tulis.
SNMPTN undangan adalah seleksi masuk PTN dengan cara menyeleksi nilai para murid2 mulai dari semester 4 (atau semester 3? lupa). dan gak sembarang orang yg bisa ikut SNMPTN undangan. Bagi sekolah terakreditasi A, murid yg bs jd peserta SNMPTN undangan adalah murid-murid yang nilai rata-rata rapot dari semester 4 nya masuk setengah besar dari jumlah satu angkatan di sekolah tersebut. Itu pula baru daftar, nanti begitu udah masukin pilihan universitas beserta prodi via online, akan diseleksi lagi secara nasional berdasarkan nilai paling tinggi. Yg gak cukup tinggi, gak keterima dimana-mana. Tapi kalau keterima, lalu dilepas/gak diambil, sekolah tersebut akan diblacklist oleh pihak SNMPTN. Aku termasuk salah satu yang bisa ikut SNMPTN undangan dan memilih UI-kimia, UI-psikologi, dan UGM-psikologi sebagai pilihan. yap, itu pilihan yang amat sangat beresiko. Kenapa? karena aku adalah murid dari kelas IPA yang otomatis nilai rapotnya adalah nilai IPA, jadi untuk masuk ke prodi dengan jurusan IPS melalui undangan itu bs disebut agak mustahil. dan akhirnya? Yak, gak keterima. Aku udah gak boleh nerusin kuliah di jogja, karena tante yg membiayai pendidikanku nyuruh kuliah di jakarta alias di UI. Universitas Indonesia. Okay, that's a hard choice.

Setelah SNMPTN undangan, ada SNMPTN ujian tulis. Biasanya orang-orang yg ikut ujian tulis adalah org2 yg gak keterima undangan. Just like me. Akhirnya aku daftar ujian tulis dan memilih jenis ujian IPC (gabungan IPA dan IPS) karena aku milih prodi Psikologi-UI (IPS), Kimia-UI (IPA), dan Psikologi-UIN (IPS). I studied sooo hard. lebih kenceng dari sepupuku yang juga ngambil ujian tulis, karena dia cuma belajar IPS sedangkan aku juga IPA. aku juga sekalian belajar buat SIMAK UI, alias ujian masuk khusus UI. dan soal2 SIMAK itu terkeeenal susahnya. Aku dan sepupuku daftar di Nurul F---- buat ikut bimbel persiapan SIMAK. siap2 kalau gak lulus SNMPTN hahaha. Gak cuma itu, kami juga ikutan ujian mandiri UIN sebagai cadangan kalau gak keterima. Pada hari ujian tulis SNMPTN, aku kedapetan ujian di depok, di SMA sejahtera 1, sedangkan sepupuku nanjauh di jakarta hiks. iyasih, ujiannya aja jenisnya beda.Setelah ujian selama dua hari, kami tetep ikut bimbel di NF. Nah, pengumuman SNMPTN ujian tulis itu sebelum tanggal pengumuman ujian mandiri UIN dan sebelum SIMAK UI. Saat hari pengumuman.. jeng jeng jeng..
Aku lagi di jalan hahaha mana koneksi hp super lemot pula, jadilah gabisa buka --a
akhirnya minta pacarku yg nanjauh di jogja sana bukain, pas di telpon dia bilang.."keterima kimia UI!!!"
....
........
.................
YEEEEEEEEAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHH!!!!
For me, to be in University of Indonesia is almost impossible. Susah coi masuk sana. But thanks God :)
walau kimia, bukan psikologi, its okay, toh aku juga suka kimia.
Dan sepupuku juga keterima di HI-UIN :D that was such a great day :D
setelah itu, aku gak ikut SIMAK. hahaha udah pusing sama ujian. sedangkan sepupuku tetep ikut buat nyoba masuk HI-UI. Setelah mengikuti registrasi untuk masuk UI, kami dikasih berbagai jadwal kegiatan OBM (kayak orientasi kelas di perkuliahan) dan paduan suara untuk melepas para sarjana.
Pas lagi nyanyi padus, tiba2 aku dapet kabar keterima Psikologi-UIN. Oh man, I want it DX
tapi aku udah bayar 13juta buat masuk UI, masa dilepas buat masuk UIN?? sayang..
akhirnya kulepas psikologi-UIN itu (dadaaaaahhh :") dan dimulailah rangkaian kegiatan menjadi mahasiswa baru Universitas Indonesia 2012

Setelah rangkaian2 tersebut, dimulailah kehidupan ospek., ada ospek universitas (OKK), ospek fakultas (PSAF), dan ospek departemen kimia (OPDK) yang mengambil hampir seluruh waktu tidurku buat ngerjain tugas2nya hahahah. Cerita? ogah, silahkan merasakan sendiri hahahaha. But trust me, itu bakalan berguna banget di perkuliahan nanti karena pas masa2 kuliah yg disambi dgn organisasi dan kepanitiaan akan memaksa kamu untuk begadang atau bahkan gak tidur saking sibuknya. So, salam sukses!

Itu adalah sebab2 mengapa aku lama vakum, karena sibuk kuliah menn.. ini juga ngepost karena libur semester dua, gak ada kerjaan hahaha
I hope everything gonna be alright~ :)

1 komentar: